Program dengan Perulangan


(PROGRAM dengan PERULANGAN)
Ade Sumantri (0910960021)
Asisten :
1. Andreas Nugroho
2. Nila Febriw
LABORATORUM ILMU KOMPUTER
JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MIPA
MALANG
2009
1. PENDAHULUAN
1.1 Soal_301
Inti dari program ini yaitu perintah scanner, tipe data float, dan pengulangan for. Pada program ini digunakan perintah scanner agar program dapat membaca hasil masukan dari user sebagai suatu variabel. Untuk tipe data masukan dan keluaran digunakan float karena program akan membaca hasil pembagian yang kemungkinan hasil pembagiannya adalah desimal. Sedangakan digunakan perulangan for karena program akan melakukan pengulangan secara berulang-ulang hingga batas yang diberikan habis.
1.2 Soal angkax
Inti dari program ini yaitu perintah scanner, tipe data integer, perintah perulangan for, dan perintah pengandaian. Pada program ini digunakan perintah scanner agar program dapat membaca hasil masukan dari user sebagai suatu variabel. Tipe data yang digunakan yaitu integer atau bilangan bulat karena perulangan akan dibentuk menjadi segitiga. Program menggunakan perulangan for karena program akan mencetak karakter hingga batas karakter tersebut habis. Program ini menggunakan for dalam for karena ada dua syarat yang harus dipenuhi. Program menggunakan perintah pengandaian dalam hal ini digunakan perintah if karena akan dilakukan pencetakan karakter yang berbeda yang dilihat dari ganjil genapnya karakter tersebut.
2. SOURCE CODE
2.1 Source Code Soal_301
import java.util.Scanner;
public class Soal_301 {
public static void main (String [] args){
Scanner input = new Scanner (System.in);
float hutang, lama, bunga, dibayar, pengali, tetapan, persen ;
System.out.println("Masukkan besar hutang");
hutang = input.nextFloat();
System.out.println("Masukkan lama angsuran");
lama = input.nextFloat();
System.out.println("Masukkan besar bunga tiap bulan");
bunga = input.nextFloat();
tetapan = (hutang/lama);
persen = bunga/100;
pengali =(hutang/lama);
for (float i = lama ; i > 0 ; i--){
dibayar = tetapan + (persen*i*pengali);
System.out.println("Yang dibayar bulan ke"+(lama+1-i)+" adalah " +dibayar);
}
}
}
2.2 Source Code angkax
import java.util.Scanner ;
public class angkax {
public static void main (String [] args ){
Scanner masukan = new Scanner (System.in);
int bilangan;
System.out.print ("Masukkan batas yang akan diulang :");
bilangan =masukan.nextInt ();
for (int i=1; i<=bilangan ; i++)
{ for(int a=1; a<=i; a++)
if (i%2==0)
System.out.print("X");
else
System.out.print(i);
System.out.println();
}
}
}
3. SCREENSHOT
3.1 Screenshot Soal_301
3.2 Screenshot angkax
4. ANALISA
4.1 Soal_301
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 | import java.util.Scanner; public class Soal_301 { public static void main (String [] args) { Scanner input = new Scanner (System.in); float hutang, lama, bunga, dibayar, pengali, tetapan, persen ; System.out.println("Masukkan besar hutang"); hutang = input.nextFloat(); System.out.println("Masukkan lama angsuran"); lama = input.nextFloat(); System.out.println("Masukkan besar bunga tiap bulan"); bunga = input.nextFloat(); tetapan = (hutang/lama); persen = bunga/100; pengali =(hutang/lama); for (float i = lama ; i > 0 ; i--) { dibayar = tetapan + (persen*i*pengali); System.out.println("Yang dibayar bulan ke"+(lama+1-i)+" adalah " +dibayar); } } } |
1. Perintah untuk menerapkan scanner ke dalam program yang kita buat
2. Nama kelas program
3. Awal sebuah kelas
4. Merupakan bagian dari program java yang dibuat
5. Awal sebuah main
6. Merupakan perintah agar program dapat membaca hasil inputan
7. Merupakan variabel inputan dan output dalam hal ini digunakan float agar inputan dan output dapat memiliki hasil pecahan desimal
8. Perintah untuk mencetak “Masukkan besar hutang “
9. Perintah agar program dapat membaca hasil inputan hutang
10. Perintah untuk mencetak “Masukkan lama angsuran “
11. Perintah agar program dapat membaca hasil inputan lama angsuran
12. Perintah untuk mencetak “Masukkan besar bunga tiap bulan“
13. Perintah agar program dapat membaca hasil inputan bunga
14. Rumus tetapan
15. Rumus persen
16. Rumus pengali
17. Rumus pengulangan untuk i = lama dan i > 0 maka i dikurangi 1
18. Awal untuk perintah for
19. Rumus dibayar = tetapan+(persen*i*pengali)
20. Perintah untuk mencetak berapa yang harus dibayar tiap bulan
21. Akhir perintah for
22. Akhir dari main
23. Akhir dari kelas
4.2 Soal angkax
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 | import java.util.Scanner ; public class angkax { public static void main (String [] args ){ Scanner masukan = new Scanner (System.in); int bilangan; System.out.print ("Masukkan batas yang akan diulang :"); bilangan =masukan.nextInt (); for (int i=1; i<=bilangan ; i++) { for(int a=1; a<=i; a++) if (i%2==0) System.out.print("X"); else System.out.print(i); System.out.println(); } } } |
1. Perintah untuk menerapkan scanner ke dalam program yang kita buat
2. Nama kelas program
3. Awal sebuah kelas
4. Menerapkan perintah main
5. Awal sebuah main
6. Merupakan variabel bilangan
7. Perintah untuk mencetak “Masukkan batas yang akan diulang :”
8. Perintah agar program dapat membaca inputan sebagai bilangan
9. Rumus perulangan untuk i=1 dan i<=bilangan maka i ditambah 1
10. Awal perintah untuk for
11. Rumus perulangan untuk a=1 dan a<= i maka a ditambah 1
12. Perintah apabila i dibagi 2 = 0 (genap)
13. Maka program akan mencetak X
14. Selain itu (ganjil)
15. Program akan mencetak i yang diulang
16. Perintah agar cetakan diberi spasi enter
17. Akhir perintah for
18. Akhir sebuah main
19. Akhir sebuah kelas
0 komentar:
Posting Komentar