Program Palindrome

Rabu, 10 Februari 2010


LAPORAN PRAKTIKUM
(PROGRAM dengan PERULANGAN)


Ade Sumantri (0910960021)


Asisten :
1. Andreas Nugroho
2. Nila Febriw


LABORATORUM ILMU KOMPUTER
JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MIPA
MALANG
2009



1. PENDAHULUAN

1.1 Soal_403

Inti dari program ini yaitu perintah scanner, tipe data float, dan pengulangan for. Pada program ini digunakan perintah scanner agar program dapat membaca hasil masukan dari user sebagai suatu variabel. Untuk tipe data masukan dan keluaran digunakan float karena program akan membaca hasil pembagian yang kemungkinan hasil pembagiannya adalah desimal. Sedangakan digunakan perulangan for karena program akan melakukan pengulangan secara berulang-ulang hingga batas yang diberikan habis.

1.2 Soal palindrome
Inti dari program ini yaitu perintah scanner, tipe data string, perintah pengandaian, dan method. Pada program ini digunakan perintah scanner agar program dapat membaca hasil masukan dari user sebagai suatu kata yang akan dicari apakah dia amisabel atau tidak. Tipe data yang digunakan yaitu string. Program menggunakan perintah pengandaian utnuk mengecek apakah dia palindrome atau tidak, dan dua method untuk memanggil palindrome tersebut.


2. SOURCE CODE

2.1 Source Code Soal_301


import java.util.Scanner;
public class Soal_301 {
    public static void main (String [] args){
      Scanner input = new Scanner (System.in);
      float hutang, lama, bunga, dibayar, pengali, tetapan, persen ;
      System.out.println("Masukkan besar hutang");
            hutang = input.nextFloat();
      System.out.println("Masukkan lama angsuran");
            lama = input.nextFloat();
      System.out.println("Masukkan besar bunga tiap bulan");
            bunga = input.nextFloat();
       tetapan = (hutang/lama);
       persen = bunga/100;
       pengali =(hutang/lama);
        for (float i = lama ; i > 0 ; i--){
            dibayar = tetapan + (persen*i*pengali);
            System.out.println("Yang dibayar bulan ke"+(lama+1-i)+" adalah " +dibayar);
        }
    }
}





2.2 Source Code palindrome


import java.util.Scanner;
public class palindrome
{

      public static boolean palindrome(String s)
      {
            if(s.length() == 0 || s.length() == 1)
                  return true;
            if(s.charAt(0) == s.charAt(s.length()-1))
                  return palindrome(s.substring(1, s.length()-1));
            return false;
      }

      public static void main(String[]args)
      {
            Scanner input = new Scanner(System.in);
            System.out.println("Tuliskan kata untuk mengecek palindrome :");
            String x = input.nextLine();
            if(palindrome(x))
                  System.out.println(x + " Adalah palindrome ");
            else
                  System.out.println(x + " Bukan palindrome");
      }
}


3. SCREENSHOT

3.1 Screenshot Soal_301


3.2 Screenshot  palindrome

  


4. ANALISA

4.1 Soal_301
1
2
3
4
5
6
7

8
9
10
11
12

13
14
15
16
17
18
19
20

21
22
23
import java.util.Scanner;
public class Soal_301
{
    public static void main (String [] args)
{
      Scanner input = new Scanner (System.in);
      float hutang, lama, bunga, dibayar, pengali, tetapan, persen ;
      System.out.println("Masukkan besar hutang");
            hutang = input.nextFloat();
      System.out.println("Masukkan lama angsuran");
            lama = input.nextFloat();
      System.out.println("Masukkan besar bunga tiap bulan");
            bunga = input.nextFloat();
       tetapan = (hutang/lama);
       persen = bunga/100;
       pengali =(hutang/lama);
        for (float i = lama ; i > 0 ; i--)
{
            dibayar = tetapan + (persen*i*pengali);
            System.out.println("Yang dibayar bulan ke"+(lama+1-i)+" adalah " +dibayar);
        }
    }
}


1.      Perintah untuk menerapkan scanner ke dalam program yang kita buat
2.      Nama kelas program
3.      Awal sebuah kelas
4.      Merupakan bagian dari program java yang dibuat
5.      Awal sebuah main
6.      Merupakan perintah agar program dapat membaca hasil inputan
7.      Merupakan variabel inputan dan output dalam hal ini digunakan float agar inputan dan output dapat memiliki hasil pecahan desimal
8.      Perintah untuk mencetak “Masukkan besar hutang “
9.      Perintah agar program dapat membaca hasil inputan hutang
10.   Perintah untuk mencetak “Masukkan lama angsuran “
11.   Perintah agar program dapat membaca hasil inputan lama angsuran
12.  Perintah untuk mencetak “Masukkan besar bunga tiap bulan“
13.  Perintah agar program dapat membaca hasil inputan bunga
14.  Rumus tetapan
15.  Rumus persen
16.  Rumus pengali
17.  Rumus pengulangan untuk  i = lama dan i > 0 maka i dikurangi 1
18.   Awal untuk perintah for
19.  Rumus dibayar = tetapan+(persen*i*pengali)
20.   Perintah untuk mencetak berapa yang harus dibayar tiap bulan
21.   Akhir perintah for
22.   Akhir dari main
23.   Akhir dari kelas






4.2  Soal palindrome
1
2
3
4
5
6
7


8
9
10
11

12
13
14
15

16
17
18

19


20
21
import java.util.Scanner;
public class palindrome
{
      public static boolean palindrome(String s)
      {
            if(s.length() == 0 || s.length() == 1)
                  return true;
            if(s.charAt(0) == s.charAt(s.length()-1))
                  return palindrome(s.substring(1, s.length()-1));
            return false;
      }

      public static void main(String[]args)
      {
            Scanner input = new Scanner(System.in);
            System.out.println("Tuliskan kata untuk mengecek palindrome :");
            String x = input.nextLine();
            if(palindrome(x))
                  System.out.println(x + " Adalah palindrome ");
            else
                  System.out.println(x + " Bukan palindrome");
      }
}

1.      Perintah untuk menerapkan scanner ke dalam program yang kita buat
2.      Nama kelas program
3.      Awal sebuah kelas
4.      Menerapkan perintah method
5.      Awal sebuah method
6-10. Perintah pengandaian untuk mengecek apakah kalimat tersebut masuk ke dalam palindrome atau bukan
11. Akhir sebuah method
12. Nama main method
13. Awal sebuah main method
14. Perintah scanner agar program dapat membaca hasil inputan
15. Printah agar program menuliskan “Tuliskan kata untuk mengecek     
      palindrome :”
16. Membaca hasil inputan sebagai string
17-18. Apabila palindrome program akan mencetak adalah
           palindrome
19. Selain itu program akan mencetak bukan palindrome
20. Akhir main method
21. Akhir kelas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Bloggerized by Blogger Template