Potret Kilat di AZZAM

Jumat, 31 Desember 2010

ini nih kilat yang baru saja saya potret ketika malam tahun baru 2011, kilat ini saya ambil dari kamar saya di AZZAM lantai 2.. sekitar pukul 18.30 ba'da maghrib menggunakan kamera Canon SX120 IS,, sebenarnya kalo diliat langsung menggunakan mata telanjang sungguh sangat luar biasa indahnya, namun sayang mata kamera tidak setajam mata manusia yang bisa melihat kilauan cahaya kilat ini dengan sempurna, meskipun bisa saya abadikan dengan kamera, namun tidak sebaik penglihatan mata secara murni.. sebenarnya kilatan yang ada itu panjang loh.. kira2 bisa dari ujung gambar sampai ujung lainnya, namun karena kilatnya cepet banget dan kameranya juga gak apik2 bgt,, yah hanya seperti itu j deh maksimalnya..



kalian tau tidak Petir, kilat dan peristiwa-peristiwa cuaca lainnya terjadi di lapisan troposfer yang berjarak 0-12 km dari permukaan bumi. Troposfer sendiri memiliki 3 lapisan yaitu lapisan planetair (0-1 km), konveksi (1-8 km) dan lapisan tropopause (8-12 km). Lapisan troposfer ini memiliki temperatur yang relatif tidak konstan, karenanya semakin tinggi maka semakin rendah suhunya. Kilatan petir merupakan suatu lompatan listrik yang amat besar selama terjadinya badai. Badai disebabkan oleh gangguan muatan listrik di atmosfer. Tegangan listrik antara dua awan atau antara awan dengan tanah mengeluarkan percikan listrik yang disebut kilat dengan diikuti suara guntur.

Petir merupakan lompatan bunga api antara 2 massa dengan medan listrik berbeda. Petir biasa terjadi pada awan yang tengah membesar menuju awan badai. Petir terjadi karena ada pemampatan muatan listrik pada awan. Pada awan bagian atas listrik bermuatan negatif dan bagian bawah adalah listrik bermuatan positif sedangkan awan bagian dasar kedua kutub listrik yang berlawanan tersebut ada didalamnya sehingga petir berloncatan. Dan bumi merupakan peredam listrik yang statis.
jadi subhanallah betapa luar biasanya maha karya yang Allah ciptakan ini, suatu fenomena alam yang dapat kita jumpai tatkala hujan datang, dan penjelasan ilmiah tentang fenomena ini sangat dapat di kaji dengan lengkap dan terperinci..

2 komentar:

R-Wasp mengatakan...

Keren fotonya, tapi serem. Apalagi klo petirnya barengan ma hujan badai atau pas lagi ada di luar rumah

nisa mengatakan...

Subhanallah..^o^..

Posting Komentar

 
Bloggerized by Blogger Template