Cuma Tiga Hari

Rabu, 23 Maret 2011

Jika kita renungkan dengan baik, maka kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah tiga hari. Satu hari yang kita dilalui yang tidak akan pernah kita harapkan untuk kembali; satu hari yang kita hidup di dalamnya dan kita harus membuat yang terbaik; dan satu hari yang belum mendatangi kita dan kita tidak tahu, apakah masih hidup atau sudah mati sebelumnya.

Dalam kehidupan ini kita harus mencari bekal untuk akhirat, karena diluar kehidupan ini kita tidak akan memiliki apapun kecuali apa yang telah kita persiapkan sebelumnya.

Al Hasan RH berkata, “Lebih berhati-hatilah terhadap masalah-masalah dunia yang menyibukkan, sebab dunia memang punya banyak kesibukkan. Tak seorang pun membukakan pintu kesibukkan untuk dirinya kecuali pintu itu sendiri yang membukakan sepuluh pintu kesibukan lagi untuknya”.

Tentang seorang yang mencari kenikmatan dunia, Al Hasan mengatakan, “Aku bersumpah demi Allah azza wa jallla, mereka tidak akan kekal bersama kesenangannya dan juga tidak kekal di bumi ini. Dia tidak akan selamat dari kejahatannya, beban dan penghitungnnya. Maka ia akan dicabut darinya dan ditempatkan di dalam kain kafan.”

Ali bin Abi Thalib RA menulis untuk Abdullah bin Abbas RA, “manusia merasa sedih kehilangan apa yang tidak pernah ia dapatkan, dan merasa gembira atas apa yang tidak pernah ia lewatkan. Maka gembiralah terhadap apa yang kamu peroleh dari keuntungan akhirat dan merasa sedihlah terhadap apa yang kamu peroleh dari keuntungan akhirat dan merasa sedihlah terhadap apa yang kamu lewatkan darinya. Jangan merasa bahagia atas apa yang kamu dapat di duniamu dan perhatikanlah kehidupanmu setelah mati.”

Aku saksikan pencari dunia
Meski panjang umurnya
Mendapat segalanya
Kesenangan dan kenikmatan rasa
Tak ubahnya seorang yang membangun
Hingga bangunan itu didirikan
Ketika sudah berdiri kokoh
Bangunan itu roboh

Disadur dari Buku: Perjalanan Menjemput Maut
Abdul Malik Al-Qasim, Tim Kajian Dar Wathan, Abdullah bin Muhammad Al-Mutlaq

0 komentar:

Posting Komentar

 
Bloggerized by Blogger Template