Hattrick Poster Competition

Selasa, 15 Maret 2011

Judul postingan di atas merupakan sebuah kata-kata pelengkap atas lomba-lomba poster yang pernah saya ikuti,,. HSD2011 merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diadakan oleh fakultas teknologi pertanian Universitas Brawijaya dalam rangka meningkatkan mutu kualitas dalam pengelolaan teknologi pertanian yang ada, rangkaian kegiatan dari HSD2011 ini adalah berupa seminar talkshow dan lomba poster

Awalnya saya lagi jalan-jalan bersama seorang teman waktu itu di dekat FTP UB, kebetulan ada orang yang sedang nempel2 poster di sekitar mading di fakultas itu, maka langsung aja saya coba mampir pengen liat, barangkali ada lomba poster pikirku,, ehh ternyata benar poster yang barusan saja di tempel itu merupakan lomba poster dari FTP sendiri dan langsung saja ketika mengetahui ada lomba poster lagi yang diselenggarakan FTP untuk kedua kalinya sayapun tertarik,, yang sebelumnya pernah ada juga lombanya yakni “pekan pangan halal” saya juga ikut waktu itu,, tapi masih belum rezekinya menang.. T_T, nah kali ini mereka mengadakan lagi dan saya tidak sia-siakan kesempatan kali ini, dengan berharap banyak dari lomba ini maka saya “bismillah” akan mencoba lagi, yah singkatnya sayapun mulai mencoba-coba mendesign poster yang sesuai dengan temanya,, klo g salah waktu tu temanya berkaitan dengan pemanfaatan teknologi terbarukan yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui.. hmmm sayapun memutar otak untuk mencari judul yang tepat serta content yang sesuai dengan tema yang ada ini, lalu saya browsing-browsing di internet,, ternyata beuuhh!! Ada buanyak banget hasil dari keyword yang saya masukkan,, hmm dan disini nih bagian bingungnnya,, bingung mau nentuin yang mana sebagai bahan konten untuk posternya.. singkatnya sayapun mendapat ilham (ngawuur!!) untuk mengambil judul Solar Cell alias energi surya..

Mulailah saya menggarap poster tersebut dengan judul Solar Cell tersebut, mulai mencari refrensi-refrensi tentang energi surya, kelebihan, manfaat, fungsi, kekurangan dsb yang berkaitan dengan energi surya,, memang cukup lama sih pengerjaannya, kalo g salah sekitar 1 mingguan deh,, soalnya yang bikin lama tu mempelajari refrensinya, inikan merupakan teknologi jadi y harus tepat dan cermat dalam mengisi konten, ada juga gambar yang saya gunakanpun harus saya pilah2 mana yang sesuai,, wewh.. jadi emang bener-bener agak merepotkan waktu tu.. tapi alhamdulillah jadi juga nih poster yang sesuai dengan maksud saya, (ini hasil posternya.. silahkan dilihat)


Ternyata tidak hanya lelah yang saya dapatkan selama sekitar semingguan itu untuk mempelajari refrensi-refrensi terkait energi surya,, namun saya jadi tau dan mendapatkan ilmu tentang energi surya itu selebihnya.. subhanallah itu adalah hikmah yang berharga, dimana selain dapat mengerjakan poster saya juga dapat pengetahuannya juga (hhmm meskipun g ada hubungannya ma ilkom,, tapi tetep menguntungkan).

Lanjutnyapun saya menyerahkan hasil kerjaan poster saya itu ke panitia, kebetulan waktu itu lagi libur semester makanya saya sempetin bikin poster, kalo g gitu kayaknya bakalan males deh!!!, setelah itu saya mencoba melupakan tentang lomba ini,, hehe g mau seperti lomba sebelumnya yang di FTP juga saya terlalu optimis dapat menjadi juara ehh malah gak dapet sama sekali,, makanya pada lomba kali ini sayapun mencoba pesimis dengan mengatakan pada diri saya sendiri “ahh g bakalan dapet deh kamu,, jadi jangan berharap banyak bro” (hehe aneh,, dimana orang-orang di sarankan optimis ni malah saya nyuruh diri saya pesimis), ya meskipun saya bilang gitu tapi rasa optimis masih j ada,, jadi kesimpulannya y g mempan ngatain diri sendiri seperti itu.

Akhirnya saat pengumuman hari H, waktu itu lagi kuliah, saya capek banget karena semalaman begadang facebookan ma orang-orang g jelas, sayapun pulang setelah jam kuliah selesai, sebetulnya masih ada, Cuma selang 2 jam.. namun karena saking kelelahannya saya waktu itu malas bgt, sehingga udah d niatkan buat g kuliah aja lah,, tapi ada setengah jam istirahat sayapun dapat sms yang isinya kurang lebih “selamat, anda menjadi juara dalam lomba poster himateta bla..bla.bla” alhamdulillah ternyata saya dapat,, langsung j saat itu yang tadinya niat g kuliah langsung cuci muka dan bersegera berangkat ke kampus lagi, karena dari panitia sendiri menyuruh saya hadir mengikuti talkshow yang diselenggarakan di gedung widyaloka UB sekaligus penyerahan hadiah bagi pemenang lomba.... wah dengan semangat sayapun kembali ke kampus lagi.

Di widyaloka sayapun mengikuti kegiatan talkshownya.. ternyata banyak juga peserta talkshow yang ada saat itu,, pikir saya ternyata mahasiswa FTP apresiatif juga dengan kegiatan-kegiatan bertema seperti ini, sayapun sebagai penonton di belakang melihat kegaitan berlangsung.. tapi bleduggghh yah namanya juga orang MIPA ma FTP bedalah.. hal-hal yang di sampaikan rada-rada g nyambung ma saya, karena bicaranya ya terkait teknologi-teknologi pertanian yang aneh dan macam2 dan saya tidak begitu memahaminya.

Baiklah tiba juga akhir acara, nah sayapun lalu mulai fokus dengan pembicaraan kali ini,, karena tadi sebelumnya pembicaraanya seputar pertanian jadinya saya sama sekali g tertarik blass sehingga hampir membuat saya tertidur.. tapi untungnya saya masih bisa memaksa mata ni biar tetep melek. Mic beralih kepada MC acara, nah ini nih yang saya tunggu waktu itu, akhirnya MC pun beralih kegiatan menuju pengumuman juara-juara lomba, well ternyata saat di umumkan saya berada di posisi juara ketiga,, alhamdulillah ucapku, juara 3 pun sudah saya syukuri, namun aneh,,, saat pengambilan hadiah di belakang layar, di piagamnya tertulis bahwa saya juara 2, begitu pula di amplop yang di berikan kepada saya disana tertulis 2nd Winner,, lho saya heran bukannya saat di umumkan tadi saya juara 3??,, hmm apa mu di kata, emang itu rezeki saya.. pikir saya.. Alhamdulillah lah dapat juara yang lebih bagus (bersyukur kepada Allah).

Yah dengan berhasilnya saya memperoleh hattrick kali ini (memenangkan 3 perlombaan poster) akhirnya rasa percaya diri sayapun terbakar.. dan InsyaAllah untuk kedepannya saya akan mencoba mengikuti perlombaan poster yang eventnya lebih besar lagi.. semisal skala nasional.. karena selama perlombaan yang saya ikuti ini rata2 masih skala wilayah di bawah nasional.. dan semoga saat saat itu tiba.. saya bisa mendapatkan hattrick kembali di perlombaan skala nasional.. amiiin ^_^.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Bloggerized by Blogger Template