Pikir matang sebelum bertindak..

Minggu, 25 September 2011

Untuk saudara-saudaraku yang sering merasa pusing akibat suatu agenda, kegiatan dan berbagai kesibukan yang memenuhinya maka ingatlah beberapa hal ketika hal itu terjadi.
1.    Apakah yang kulakukan ini akan membawa dampak baik bila kulanjutkan dan apakah berdampak buruk ketika kutinggalkan?
2.    Apakah hal ini berdampak baik disisi Allah ataukah berdampak baik namun hanya sedikit saja?
3.    Apakah hal ini berdampak buruk disisi Allah jika kutinggalkan? Sejauh manakah keburukan yang akan ditimbulkan hal ini disisi Allah?
4.    Apakah ada hal lain yang lebih bermanfaat yang bisa kulakukan dari pada kegiatan ini?
5.    Siapa sajakah yang akan kecewa dengan kutinggalkannya kegiatan ini?
6.    Berdampak seperti apakah nantinya dalam waktu panjang bila hal ini kutinggalkan dan seperti apa pula bila kuteruskan?
7.    Siapakah yang lebih condong dalam membisikkan dalam hatiku ini, syaitankah atau murni hati kecilku?
Dan sebetulnya masih banyak lagi yang bisa kau buat sendiri pertanyaan-pertanyaan yang nantinya rasa ragu akan kegiatan yang kau lakukan hilang sehingga kegiatan yang kau jalani tersebut dapat ikhlas karena Allah dan insyaAllah jika kau memang benar ikhlas karena Allah pasti ada balasan positif dari Allah. Jangan kau takut menolak sesuatu yang sekiranya tidak terlalu bermanfaat buatmu dan umat, beranilah untuk bersikap kritis karena masa depan itu dirimulah yang akan membawanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Bloggerized by Blogger Template