Totalan...

Sabtu, 24 Maret 2012


Bismillahirrohmaanirrahiim..
Seperti biasa kubuka tulisanku dengan menyebut nama Tuhanku yang maha esa, Allah SWT yang masih memberikan nikmat-nikmatnya kepadaku terutama iman dan islam yang saat ini kurasakan, semoga Allah menambahkan hidayah untukku..
Kali ini aku ingin menulis tentang satu hal yang cukup mengerikan.. yakni Totalan.. hmm tahukah kamu apa maksudku dengan Totalan disini?..
totalan yang kumaksud adalah Totalan hisab alias perhitungan yang akan terjadi pada manusia pada hari kiamat nanti.. apa maksudnya perhitungan Totalan ini? Yaa.. awalnya kata Totalan.. ini kudapat dari salah seorang al ustad yang mengajar di griya tilawah, barangkali maksudnya hanyalah guyonan tapi begitu dalam maknanya pada diriku.
Suatu ketika saat kami sedang mengkaji kitab riyadhussolihin, kebetulan saat itu pada pembahasan Bab “Musibah”, beliau menerangkan tentang ujian-ujian yang di alami oleh orang-orang beriman begitu banyak dan beratnya ujian yang mereka terima, kadang juga ketika mereka (orang-orang beriman itu) atas dasar khilafnya melakukan suatu kesalahan atau berbuat maksiat kemudian banyak dari mereka yang mendapat balasan atas dosa-dosanya tersebut didunia.. entah itu berupa penyakit, kekurangan harta, jiwa yang resah alias galau, dan lain sebagainya yang mana itu merupakan ujian dan hal-hal yang kurang disenangi oleh fitrah manusia maka hal itulah sebuah balasan atas perbuatan maksiatnya tersebut, dengan kata lain bisa kita artikan bahwa itu adalah pembersih dosa bagi dirinya atas maksiat yang sebelumnya pernah ia lakukan baik disengaja maupun tak disengaja, karena memang banyak sekali orang-orang yang melakukan maksiat tanpa menyadarinya. Nah oleh karena itu orang-orang yang beriman tersebut sering mendapat ujian balasan kerugiannya didunia sehingga nanti saat di akhirat dosa-dosa dari maksiatnya itu dibebaskan hukuman oleh Allah atas kehendakNya.
Apapun bentuk ujian dan penyakit atau apapun namanya yang hal itu merupakan bentuk musibah bagi seorang mukmin maka itu adalah penghapus dosa baginya.. aku pernah mendengar firman Allah tentang orang yang tertimpa musibah yang kemudian difirmankan disana bahwasanya sekecil apapun musibah yang menimpanya itu disebabkan karena dosa yang ia perbuat.. maap aku sendiri lupa pada surat mana bunyi firman tersebut tapi kira-kira seperti itulah arah maksudnya..
“Tidaklah tersandung kakinya di jalan melainkan karena dosa yang ia lakukan” Wallahu’alam
Nah dari firman di atas bahwa jelaslah maksud penjelasanku di atas bahwasanya ketika mendapat musibah sebesar apapun dan seperti apapun wujudnya yang menimpa seorang mukmin maka hal itu adalah penghapus dosa baginya… jadi Subhanallah, Allah dengan mudahnya memberikan ampunan dosa bagi kita ketika kita mengalami suatu musibah yang mana hal itu secara logika merugikan bagi kita namun pada hakikatnya adalah menghapus dosa-dosa kita.. kalau seandainya kebanyakan orang bisa berpikir mendalam dan merenungi firman-firman Allah yang seperti ini insyaAllah mereka bisa sadar dan senantiasa akan bersyukur ketika diberikan musibah dan begitu pula apalagi mendapat kebahagiaan..
Baik kembali kepada judul tulisan ini “Totalan..” nah, bagaimanakah pendapatmu sekarang wahai pembaca terhadap seseorang (terserah, mau muslim ataupun tidak) yang banyak melakukan maksiat dalam kehidupannya hingga bahkan tiada menit harinya itu tanpa dihabiskan untuk hal-hal maksiat namun dia sendiri jarang mendapat musibah selayaknya orang-orang mukmin yang banyak mendapat musibah.. kemudian hidup mereka mewah, megah, glamour, serba tercukupi apapun yang ia mau, serba lengkap dan bebas sesuai kehendak dan hawa nafsunya, mau makan apapun ada, menikmati minuman seperti apapun bisa, gonta-ganti pasangan sebebas-bebasnya tinggal pilih, mau barang ini dan itu tinggal ambil dan sebagainya yang serba highclass, kemudian tambahan lagi dia sendiri jaraaaaang sekali tertimpa kesusahan, hampir gak pernah kena penyakit apapun, gak pernah disakiti siapapun, gak pernah merasakan kekecewaan apapun, gak pernah menderita apapun.. wes pokoke hidup kayak di surga dunialah kira-kira… nah kata ustad waktu itu.. orang yang kayak gini nih yang ngeri.. trus waktu itu ada yang nanya “ngeri giman ustad?, kan enak hidup kalo kayak gitu”, trus ustad jawab.. “iya enak sekarang, tapi nanti ngeri karena Totalan dia dapet balesannya”..  seperti dalam hadits Rasulullah SAW.. bersabda, “Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seseorang maka dipercepat tindakan hukum atas dosanya (di dunia). Dan jika Allah menghendaki bagi hamba-Nya keburukan maka disimpan dosanya sampai dia harus menebusnya [ada hari kiamat kelak”. (HR at-Tarmidzi dan al-Baihaqi)
Tuh betapa mengerikannya orang-orang yang seperti itu saat di hari kiamat nanti, dia akan menerima gaji penyiksaanya secara Total se total totalnya.. kan lebih mending ketimbang orang yang udah nerima gaji penyiksaannya duluan di dunia, jadi besok pas udah di akhirat gak ditagih lagi tuh siksaan melainkan sudah di putihkan.. laa ini? Wes mak plot manusia yang seperti ini nantinya, apalagi nerima gaji penyiksaan di akhirat yang mana dibalas dengan bermilyar-milyar kali lipat siksaan di dunia, na’udzubillah…
Jadi jangan bangga wahai orang-orang yang tidak pernah mengalami musibah atau ujian,, jangan sekali-kali berbangga karena nantinya orang seperti kalian akan di Total sama Allah kecuali atas izin Allah mau membebaskan dirimu, semoga kita dijauhi dari jenis manusia seperti ini.. oke pembaca yang budiman jadi senantiasalah bersyukur atas segala nikmat dan musibah yang menimpa diri kita karena dari keduanya itu masing-masing Allah memberikan rahasianya tersendiri di dalamnya yang mana jika kita menyikapinya dengan bijak dan sesuai dengan cara yang di ajarkan Rasulullah SAW insyaAllah kita akan selamat.
Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memperbaiki cara kebiasan-kebiasaan kita sebelumnya dalam menyikapi ujian yang datang khususnya kuberharap untuk diriku kemudian kuberharap juga untuk dirimu.. kita sama-sama berdo’a agar Allah senantiasa menjaga kesabaran jiwa dan hati ini dalam menghadapi segala musibah yang diujikanNya kepada kita.. amin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Bloggerized by Blogger Template