4 Pilar Tawakkal

Jumat, 25 Maret 2011

Ada orang bertanya kepada Hatim Al-Asham,
“Atas dasar apa Anda bertawakkal?”, Hatim menjawab, “atas empat hal:
Aku tahu bahwa rezekiku tidak akan dimakan orang lain, maka tentramlah jiwaku;
Aku tahu bahwa amalku tidak akan bisa dikerjakan orang lain, maka akupun disibukkannya;
Aku tahu bahwa kematian akan datang dengan tiba-tiba, maka segera aku menyiapkannya;
Aku tahu bahwa diriku tidak akan lepas dari pengawasan Allah, maka aku merasa malu Kepada-Nya.”

Muhammad bin Suqah berkata,
“Ada dua hal yang apabila kita hanya disiksa dengan dua hal itu, tentu sudah layak disebut bahwa kita telah menerima adzab.

Pertama, orang yang mendapatkan tambahan rezeki di dunia, lalu ia bergembira sejadi-jadinya. Allah tidak pernah menyaksikan orang tersebut bergembira seperti itu, yang disebabkan oleh bertambahnya sesuatu pada agamanya.

Kedua, orang yang mendapatkan kekurangan dalam urusan dunia, lalu merasa sedih sejadi-jadinya. Allah tidak pernah melihat ia bersedih sehebat itu, manakala ada bagian dari agamanya yang berkurang.”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Bloggerized by Blogger Template